Minggu, 28 Agustus 2011

4 Mitos Penuaan yang Belum Tentu Benar


Jangan pasrah menghadapi uban yang sudah mulai tumbuh. Meskipun hal itu terjadi saat usia Anda mulai memasuki 30-an, bukan berarti Anda berpasrah diri. Ketahui empat mitos penuaan yang belum tentu benar berikut ini dan mulailah merawat diri, seperti dikutip dari Times of India:

Mitos 1: Semakin Tua Lebih Sulit untuk Menurunkan Berat Badan

Semakin Anda tua, tingkat metabolisme akan turun. Tapi bukan berarti Anda sulit untuk menurunkan berat badan. Anda dapat memulainya dengan mengikuti program diet teratur, seperti makan makanan rendah lemak atau rendah kalori. Mengurangi konsumsi garam atau diet sodium juga dapat membantu Anda mengurangi bobot tubuh. Namun ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter karena ada beberapa obat-obatan yang malah mengakibatkan berat badan naik.

Mitos 2: Gel Membuat Rambut Mudah Rontok

Penggunaan berbagai produk rambut seperti gel, hairspary, mousse dan wax seringkali dituding sebagai penyebab mudah rontoknya rambut. Padahal sebenarnya rambut rontok bukan karena produk-prouk tersebut. Berbagai produk itu tidak sampai menembus kulit kepala sehingga tidak mempengaruhi pertumbuhan rambut. Sebenarnya seiring pertambahan usia, rambut memang bisa semakin bermasalah

Mitos 3: Seiring Pertambahan Umur, Intesintas Olahraga Juga Dikurangi

Umur bukan suatu hambatan untuk berhenti beraktivitas. Kegiatan berolahraga harus tetap berlanjut meskipun Anda semakin tua, walaupun itu adalah olahraga berat. Selain mencegah serangan jantung, olahraga juga membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah. Tapi jika Anda mengalami penyakit tertentu, lebih baik konsultasi dengan dokter dan sesuaikan olahraga dengan kesehatan tubuh Anda.

Mitos 4: Saat Tua, Kondisi Anda Akan Seperti Orangtua Anda

Sebagian orang percaya bahwa apa yang diderita orangtuanya akan turun ke anaknya akibat dari gen. Namun faktanya, gen orangtua hanya akan mempengaruhi beberapa jaringan dalam tubuh. Hal yang paling mempengaruhi proses penuaan adalah bagaimana gaya hidup Anda, pola makan dan seberapa sering berolahraga.

Taken from: wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar