Minggu, 28 Agustus 2011

Tips Miliki Kuku Cantik & Sehat


Salah satu permasalahan pada kuku adalah adanya kulit kuku yang mengeras atau kutikula. Sadar atau tidak sadar, kutikel dapat mempengaruhi penampilan dan membuat rasa nyeri. Tentu Anda tak mau kedua hal itu terjadi saat Lebaran, berikut ini tips mencegahnya, seperti dikutip dari Type F:

Cuticle Remover
Hindari memotong kutikula karena dapat memicu infeksi jamur. Untuk menghilangkan kutikula, gunakan cuticle remover yang mengandung alfa-hydroxy acid, lalu peras ujung kuku Anda langsung pada kutikula. Diamkan remover itu selama kurang lebih 15 detik. Setelah itu, tempatkan jari Anda didalam mangkuk berisi air hangat, diamkan selama 5 menit. Proses ini dapat membantu melembutkan kutikula dan daerah kuku di sekitarnya.

Mendorong Kultikula
Untuk menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati, coba gunakan alat yang biasa Anda gunakan untuk mannicure. Dorong kultikula dengan menggunakan alat tersebut secara hati-hati dan perlahan. Putar alat seperti membuat gerakan melingkar pada dasar kuku. Ulangi minimal tiga kali pada setiap kuku. Terakhir bersihkan kuku menggunakan kapas.

Lembabkan
Dalam beraktivitas, seringkali kultikula terdorong kembali. Maka itu kita harus melembabkan kultikula setelah membersihkannya. Setiap kali tangan terkena air, oleskan lotion pada kultikula. Agar hasilnya lebih optimal, gunakan pelembab di tangan sebelum tidur pada malam hari.

Menggigit
Kebiasaan buruk sebagian orang adalah menggigit ujung kuku, ini dapat merusak kultikula dan kuku. Kerusakan yang terjadi seperti jamuran atau bakteri dapat menyebabkan infeksi. Oleh karena itu tinggalkan kebiasaan menggigit-gigit kuku tersebut.

Memotong Kuku
Cara merawat kuku yang paling mudah dan murah adalah dengan rajin memotongnya. Rapikan dan kikir tepi kasar kuku seminggu sekali. Jangan lupa untuk membersihkan kuku saat mandi atau mencuci tangan.

Taken from: wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar